10 Tren Toko Online yang Layak Diperhatikan

Waka Blog

Editorial

Hari ini, terima kasih pada perkembangan teknologi sehingga tidak ada bisnis yang terbatas lagi pada satu tempat, satu kota, atau satu negara. Segalanya global. Dalam beberapa tahun terakhir industri toko online (ecommerce) terus berjalan dan sudah menjadi kebutuhan setiap saat. Industri toko online secara keseluruhan berevolusi dengan kecepatan tinggi dan pada 2014 dan 2015 telah bertambah dengan hebatnya.

Ada beberapa tren yang muncul dalam hal ini, seperti:

Bergerak menuju mobile ecommerce

Seperti pada laporan terbaru, diprediksi bahwa pada akhir 2016 hampir sepertiga populasi dunia akan mempunyai akses ke smartphone. Mempunyai fitur ini sudah menjadi lebih dari kebutuhan. Toko online harus cocok pada berbagai layar untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau jika tidak akan kehilangan beberapa bisnis secara serius. Seperti pada studi Forbes terbaru, 87% dari orang-orang generasi-X menghabiskan kebanyakan waktu mereka pada perangkat digital setiap hari.

Memilih bagaimana Anda akan membayar

Lebih banyak pilihan pembayaran dan kemudahan, bisnis-bisnis baru bermunculan untuk memfasilitasi model pembayaran yang baru untuk meningkatkan pengalaman dalam berbelanja online. Mereka tidak hanya bertujuan menyediakan pilihan yang lebih luas namun juga untuk meningkatkan keamanan pembayaran baik untuk pembeli maupun penjual. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak gateway dan model baru telah bermunculan seperti e-wallet, chip pembaca kartu, kartu magnetik, EMV (teknologi Europay, MasterCard, dan Visa), dan layanan cashback.

Model multi channel

Meski pasar toko online menjadi heboh, penjual eceran (retailer) telah menyadari bahwa omni channel atau multi channel itu perlu untuk model bisnis apa pun. Walapun sudah ada banyak kabar soal kenyamanan berbelanja online, kenyataannya tercatat bahwa banyak pelanggan mungkin sudah menjelajah Internet seharian namun pada akhirnya membutuhkan sebuah toko fisik untuk melakukan pembelian. Namun demikian, teknologi baru seperti layanan digital di dalam toko bermunculan untuk membuat pengalaman di toko fisik menjadi lebih baik.

Pengalaman berbelanja yang lancar

Banyak fitur-fitur baru ditambahkan oleh semua perusahaan untuk memberi fasilitas berbelanja yang lancar sebagai contoh toko-toko sekarang menawarkan pembayaran di tempat atau secara online, dompet virtual dengan potongan harga, dan kupon atau kartu debit toko yang unik.

Toko online sosial

Penjual ritel mengadopsi media sosial sebagai media penggiring penjualan mereka. Jejaring sosial telah mengambil peran penting dalam dunia ritel akhir-akhir ini, hampir 40% pembelian dibuat karena media sosial. Jadi, jejaring sosial pasti diharapkan berkembang dalam waktu dekat.

Kualitas daripada kuantitas

Penjual ritel telah memahami bahwa saat ini mempunyai lebih banyak variasi tidak akan memenangkan pelanggan, sehingga fokus sudah bergeser untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang disesuaikan dengan memperkenalkan fitur-fitur baru. Titik beratnya sekarang terletak pada fitur online yang unik seperti ruang untuk mencoba produk secara virtual, fitur memperbesar gambar, tampilan gambar 360 derajat.

Hubungan pelanggan

Dengan meningkatnya variasi yang tersedia, loyalitas pelanggan saat ini diluar dari gambaran. Hal ini membutuhkan teknologi yang terintegrasi secara baik untuk mendukung pembayaran yang mudah dan pengalaman berbelanja dengan teknologi canggih. Fokus saat ini bergeser dari diskon menjadi layanan teknologi yang terintegrasi lebih baik.

Layanan pelanggan

Dengan meningkatnya pembelanjaan online, orang-orang menjadi semakin lebih nyaman dengan konsep memilih diantara keberagaman yang luas dengan kenyamanan dalam ruang lingkup diri mereka sendiri di mana pun, kapan pun 24/7. Sehingga, akan ada peningkatan dalam fitur layanan dukungan pelanggan dalam waktu dekat.

Pelanggan yang lebih cerdas

Dengan lebih banyak pilihan berbelanja dan pembayaran, pelanggan lebih memiliki informasi dan keleluasaan, sekarang pertaruhannya jadi lebih tinggi. Penting untuk memperoleh kepercayaan mereka lebih dari sebelumnya, namun tetap menjaga kualitas dan logistik.

Penggabungan online dan offline

Sudah menjadi hal yang penting menggabungkan sitem online/offline untuk memfasilitasi kemudahan pekerjaan. Teknologi yang terintegrasi dengan baik sangat penting.

“Perubahan adalah esensi dari kehidupan” untuk tetap bertahan dan membuat sebuah tanda dalam masa ini. Penjual ritel harus secara ekstrim fleksibel dan mampu menyatu dengan perubahan kebutuhan pelanggan yang cerdas. Hal ini memerlukan sarana seperti monitor media sosial, feedback pelanggan, dan sebagainya. Kebutuhannya sekarang adalah untuk tetap seirama dengan perubahan tren dan teknologi untuk terus bertahan.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *