4 Industri yang Sedang Mengalami Revolusi

Waka Blog

Editorial

Teknologi selalu bergerak maju; beragam industri yang memanfaatkan sarana itu secara khusus tidak berada begitu jauh di belakang. Dan sementara hampir setiap industri menggeser bentuk atau modenya, beberapa yang lain siap untuk mengalami perubahan yang signifikan.

Tidak ada industri yang pernah beristirahat di tempat, namun beberapa secara jelas bergerak lebih cepat dari yang lain. Jika Anda telah menghabiskan waktu kapan pun dalam mempelajari tren dan prediksi tentang teknologi, Anda mungkin sadar bahwa empat industri berikut ini bergerak maju dengan sangat cepat. Namun, tahukah Anda kenapa?

1. Home Automation

Salah satu segmen pasar yang bergerak paling cepat adalah industri home automation (otomasi rumah) atau smart home (rumah cerdas). Pada 2022, pasar sistem home automation diperkirakan bernilai kurang lebih 78,27 miliar dollar. Itu adalah 12,46% dari CAGR (Compound Annual Growth Rate) dari tahun ini sampai 2022.

Banyak pertumbuhan dalam industri ini berakar pada keselamatan, keamanan, dan solusi ramah lingkungan yang mengurangi ketergantungan pada energi dan menghemat lebih banyak uang di kantong pemilik rumah. Kita melihat perusahaan berinvestasi miliaran dollar pada hal-hal seperti kunci cerdas, perangkat pengawasan video nirkabel, peralatan hemat energi, dan lainnya.

Hal yang menarik tentang industri home automation adalah bahwa infrastruktur teknologinya sudah tersedia. “Namun rintangan terbesar yang dihadapi perusahaan smart home hari ini bukan perusahaan yang lain — ini adalah kurangnya pemahaman dan edukasi konsumen,” ungkap Greg Roberts, wakil presiden pemasaran Icontrol Networks.

“Untuk mengatasi rintangan itu, perusahaan-perusahaan perlu bersatu padu dan sejumlah teknologi harus beroperasi bersama-sama dengan mulus sehingga konsumen dapat memilih perangkat yang paling cocok dengan kebutuhan mereka,” ungkap Robert. Dengan kata lain, adopsi pasarlah yang saat ini menahan industri dari ledakan besar yang pasti akan terjadi dengan segera.

Hanya saja berapa waktu yang dibutuhkan konsumen untuk terjun masih belum terlihat.

2. Industri Tidur

Dibandingkan dengan home automation, industri tidur mungkin tampak membosankan dan kuno, namun dapat dipastikan bahwa tidak demikian. Ada banyak teknologi dan inovasi yang berusaha mengembangkan solusi tidur yang memungkinkan orang tertidur, tetap tidur, dan bangun dengan segar.

“Saya pikir dalam 5 sampai 10 tahun ke depan kita akan melihat teknologi bermain peran yang lebih besar dalam pengoptimalan tidur,” ungkap Michael Hughes, pendiri dan CEO PlushBeds. “Hari ini, kita melihat teknologi baru diimplementasi ke dalam barang-barang rumah tangga setiap hari yang meningkatkan kualitas hidup.”

Pada 2019, para ahli berpendapat, pasar global untuk hal-hal yang membantu tidur akan mencapai 76,7 miliar dollar. Itu adalah 5,6% dari 5 tahun CAGR. Segmen gangguan saat tidur di pasar sendiri diperkirakan tumbuh sebesar 11,3% CAGR.

Pengusaha Moe Kittaneh telah memantau industri ini dalam beberapa waktu dan mengatakan dia mengharapkan sarana dan cara-cara seperti aplikasi mobile, tracker aktivitas yang wearable, kasur yang dapat disesuaikan, dan juga terapi pengobatan yang inovatif agar terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

3. Ritel

Industri ritel juga telah menuju suatu perubahan yang signifikan dalam dekade terakhir. Pengenalan Ecommerce sebagai ancaman serius bagi toko fisik telah menyebabkan riak yang besar; serta perusahaan besar dan kecil serupa dipaksa untuk pivot dan berubah ke arah baru.

Pada 2016, hal-hal baru dalam belanja online berkurang dan industri ritel akhirnya dapat bernafas kembali. Ecommerce sekarang adalah sesuatu yang pokok dalam industri, dan kita mulai melihat respon dari inovasi dan teknologi baru.

Untuk penjual ritel multi-channel, perbelanjaan “click-and-collect” adalah tren yang lain yang telah menjadi cukup populer. Penjual seperti Kohl’s, Walmart, dan Home Depot mempersilakan pelanggan berbelanja online, memesan, dan kemudian mengambilnya di toko. Namun kita melihat beberapa perusahaan melakukannya pada tingkat yang sama sekali baru.

“Nordstorm juga masuk menggunakan mobile untuk memperlancar pengalaman in-store pickup,” menurut catatan VnedHQ.com. “Pada Mei 2015,” situs itu menunjukkan, “toko ritel itu mulai menguji suatu layanan yang memungkinkan pelanggan mengirim pesan atau menelpon pihak Nordstrom yang terhubung dengan mereka saat mereka dekat dengan toko. Pegawai toko kemudian akan turun dan bertemu pelanggan di luar, sehingga mereka tidak perlu keluar dari mobil mereka.”

Pada hal-hal di sisi ecommerce, penjual ritel menjadi semakin bergantung pada analisis dan mencari cara strategis untuk memanfaatkan informasi yang mereka punyai sekarang. Sebagai hasilnya, mereka mampu menyesuaikan pengalaman berbelanja dan memberikan informasi dan penawaran yang lebih berarti kepada pelanggan.

4. Perjalanan/wisata

Kita tidak dapat mengabaikan industri perjalanan/wisata. Ada banyak yang terjadi di sana dan konsumen adalah yang mendapatkan manfaat secara langsung dari sistem yang berevolusi yang mengutamakan kenyamanan, kecepatan, dan spesialisasi.

Satu tren utama di sini adalah pergerakan menuju mobile. Dari mencari dan memesan penerbangan melalui telepon Anda, hingga benar-benar menggunakan perangkat yang sama sebagai boarding pass Anda. Sudah banyak yang terjadi di sini.

Di Australia, kita juga melihat kemungkinan cloud passport biometrik yang akan mengeliminasi kebutuhan untuk membawa-bawa buku tradisional. Teknologi ini — yang memungkinkan wisatawan dengan mudah menggesekkan jari mereka pada sacnner — sudah ada. Saat ini, ini soal perolehan persetujuan dan pembuatan suatu sistem global yang akan memungkinkan passport tanpa kertas.

Juga tidak mungkin menolak pertumbuhan yang konstan terkait dengan akomodasi perjalanan alternatif. Tidak lagi hotel komersil menjadi satu-satunya pilihan.

Terima kasih pada situs seperti Airbnb dan Home Away, wisatawan mempunyai kemampuan untuk menemukan solusi yang hemat dan sesuai selera di setiap kota. Personalisasi ini membuat perjalanan lebih nyaman dan terjangkau bagi jutaan orang di dunia.

Akhirnya, WiFi dan teknologi dalam penerbangan yang lebih baik mengubah kenyamanan penerbangan. Alih-alih membuang waktu, penerbangan — khususnya untuk pebisnis — sekarang menjadi tidak ada bedanya dengan duduk di kantor.

Mengawasi masa depan

Apa yang masa depan siapkan untuk industri tersebut? Jika kita mengetahui jawabannya, kita semua akan menjadi investor yang sangat makmur. Apa yang kita dapat pahami, bagaimanapun, bahwa home automation, tidur, ritel, dan perjalanan semua direvolusi dari dalam.

Industri yang Anda lihat hari ini akan terlihat sangat berbeda sepanjang tiga, lima, dan sepuluh tahun. Baik dari prespektif konsumen dan pengusaha, ini menarik untuk disaksikan.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *