5 Alasan Utama Anda Perlu Memulai Bisnis Toko Online

Waka Blog

Editorial

Baik Anda seorang bootstraper atau seorang investor yang mempunyai cukup uang lebih untuk memulai sebuah perusahaan baru, toko online (ecommerce) adalah lahan yang bagus untuk dimasuki, khususnya saat ini. Bahkan sebagai pemula dalam toko online, sarana dan sumber daya sudah tersedia untuk Anda. Semua yang Anda perlukan adalah etika kerja yang kuat dan keinginan untuk sukses.

Berikut ini lima alasan untuk memulai sebuah bisnis toko online sekarang.

1. Secara global, toko online diperkirakan akan tumbuh sebesar 13% sampai 25%.

Proyeksi dari eMarketer menunjukkan pertumbuhan toko online global secara cepat pada 2018. Tahun ini diperkirakan mencapai 1,6 triliun dollar dan pada akhir 2018 hampir 2,5 triliun dollar. Di amerika sendiri, pertumbuhan toko online diantisipasi berkisar antara 11.6% dan 16.5% dari 2013 hingga 2018.

Dalam memilih model bisnis, selalu penting untuk melihat tren dan bergerak menuju pasar yang tumbuh kapan pun dimungkinkan. Statistik menjamin gagasan bahwa model toko online adalah pilihan yang baik bagi entrepreneur yang sedang berencana untuk memulai sebuah perusahaan baru, atau yang tertarik dalam membuat variasi dan berkembang.

Jika Anda ingin masuk ke dalam bisnis toko online, hampir tidak ada waktu yang paling baik. Kesempatan ini tumbuh seiring hari berjalan.

2. Kemampuan untuk memperoleh hasil ketika tidur.

Untuk bisnis dengan toko fisik, lokasi adalah yang paling penting. Hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam hal penglihatan dan penjualan. Pada toko online, Anda dapat mengatur etalase dengan nama domain Anda sendiri dan menjual produk Anda secara global. Anda tidak memerlukan banyak etalase untuk dapat dilihat oleh seluruh pelanggan dari penjuru dunia.

Ini tampak cukup jelas, namun implikasinya lebih jauh dari yang Anda mungkin kira. Tren toko “pop-up” sedang berkembang, seperti misalnya beberapa penjual memilih untuk bertemu dengan pelanggannya secara langsung dengan sedikit kelebihan berupa sebuah tablet, mesin pembaca kartu, dan beberapa contoh produk di tangan. Hal ini berarti toko online yang proaktif dapat membangun kesadaran akan bisnis mereka di mana pun seperti taman, stasiun, atau pinggir jalan yang sangat mencolok — tanpa melanggar regulasi atau hukum apa pun, tentu saja.

Toko online mempunyai daya tarik “pasif” tersendiri, dan meskipun hal ini memungkinkan untuk memberikan penghasilan saat Anda tidur, pemilik bisnis perlu memanfaatkan teknologi pada setiap saat untuk mengembangkan bisnis mereka.

3. Mudah untuk dibangun dan dijalankan.

Tidak hanya sarana untuk toko online yang semakin sempurna setiap waktu, jumlahnya juga ada lebih banyak lagi dibandingkan yang pernah ada di masa lalu. Dari platform penjualan hingga otomasi pemasaran dan sarana SEO, yang bahkan bootstraper dapat membangun dan menjalankannya tanpa menguras tabungan.

Aspek yang paling menantang saat persiapan untuk memulai adalah produk, namun jika Anda berminat pada lini produk tertentu — khususnya jika hal tersebut telah membantu Anda secara personal — hal ini membuat perjalanan Anda lebih mudah dalam proses membangun hubungan dengan distributor atau penyedia produk. Sebagai tambahan, minat itu lah yang akan menggerakkan Anda untuk melakukan pekerjaan yang Anda perlu lakukan untuk membangun bisnis yang sukses.

4. 80% populasi web pernah melakukan pembelian online.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, 80% itu akan tumbuh. Kunci sebagai seorang pemilik bisnis online adalah untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas dari peluang yang ada dan pelanggan. Mulai dari pengembangan website yang menarik dan mudah navigasinya hingga pembuatan konten yang membantu pelanggan Anda. Ada banyak aspek berbeda untuk mendapatkan kepercayaan mereka, namun jika Anda berkomitmen dalam peningkatan yang konstan, dalam waktu dekat, Anda akan membangun pengikut yang loyal.

Hal ini tidak terlalu besar untuk mengatakan kepercayaan adalah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan bisnis toko online. Orang-orang secara jelas mempercayai penjual lebih dari mereka mempercayainya pada masa lalu, namun perhatian terhadap keamanan dan privasi masih yang utama dalam benak banyak orang.

5. Anda dapat menjual lebih banyak kepada seluruh pelanggan.

Dalam prakteknya setiap bisnis toko online tahu bahwa mengurangi tingkat kesulitan sangat penting untuk membuat lebih banyak penjualan. Keranjang belanja yang ditinggalkan adalah sebuah masalah yang umum, dan Anda harus mempunyai keinginan untuk mengatur dan mengoptimalkan pintu masuk Anda untuk memastikan konversi yang maksimal.

Pemasaran berbasis konten adalah cara efektif lainnya untuk berjualan kepada keseluruhan pelanggan. Anda dapat membuat konten yang relevan dan menambah nilai untuk pembacanya, menariknya sebagai pelanggan rutin email, dan buat mereka mengetahui tentang penjualan, potongan harga, dan promosi.

Kesimpulan

Kebanyakan entrepreneur mempunyai ide bisnis yang lain yang mereka ingin eksploitasi suatu hari. Ketika Anda sudah membangun bisnis toko online yang sukses, menjualnya dapat memberikan Anda dana yang Anda butuhkan untuk pindah ke padang rumput yang lebih hijau.

Ada banyak alasan bagus untuk memulai bisnis toko online. Jika Anda tertarik menjadi bos Anda sendiri dan menjual produk yang menjadi minat Anda, hal ini adalah sesuatu yang layak dipertimbangkan. Jika Anda ingin mempercepat prosesnya, Anda bahkan dapat membeli bisnis yang sudah berdiri.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *