Bagaimana Menarik Pengunjung ke Website Anda

Waka Blog

Editorial

Tantangan utama yang dihadapi oleh pemilik bisnis baru di Internet adalah kurangnya traffic. Sudah jelas, jika website Anda tidak mendapatkan kunjungan, Anda tidak akan menghasilkan penjualan. Dan yang paling buruk tanpa kunjungan, Anda tidak dapat menguji komponen utama dari proses penjualan Anda. Dan jika Anda mengikuti sebuah kampanye dagang yang besar sebelum Anda menguji situs Anda untuk memastikan situs mampu mengkonversi dengan maksimal pengunjung menjadi pembeli, Anda beresiko kehilangan penjualan dan terlihat tidak profesional bagi partner dan afiliasi bisnis yang potensial.

Jadi Anda terperangkap dalam siklus yang kejam: Sebelum mengembangkan sebuah kampanye dagang yang besar, Anda harus menguji proses penjualan Anda, tapi tanpa kunjungan, pengujian itu sulit — jika mungkin!

Dalam artikel ini, ada delapan langkah rencana kerja yang akan menunjukkan kepada Anda:

  • Bagaimana mendapatkan kunjungan seketika yang murah ke website Anda sehingga Anda dapat menguji komponen utama dari proses penjualan Anda — konten penjualan, formulir pemesanan, navigasi, dan penawaran opsional (opt-in offer) Anda — sebelum mengikuti kampanye dagang skala besar;
  • Bagaimana memastikan bahwa setiap elemen dari proses penjualan Anda dioptimalkan untuk mengkonversi kunjungan maksimum menjadi penjualan yang maksimum pula;
  • Strategi paling efektif untuk menarik ribuan pembeli potensial yang sangat terkualifikasi menuju situs Anda secepatnya;
  • Rahasia menjadikan seluruh kampanye dagang Anda autopilot.

Jadi walau situs Anda tidak mendapatkan kunjungan saat ini, Anda dapat menguji elemen-elemen utama proses penjualan Anda besok — dan secepatnya dalam dua minggu dari sekarang, Anda dapat menjalankan kampanye dagang Anda secara penuh.

Kedengaran menarik? Mari kita simak artikel ini.

Langkah 1: Dapatkan kunjungan yang Anda butuhkan untuk menguji website Anda dengan cepat!

Ketika kita berbicara tentang pengujian dengan pemilik bisnis yang baru di Internet, muncul pertanyaan:

  • Bagaimana saya menguji situs saya?
  • Apa yang saya uji pada situs saya?

Seperti yang sudah Anda tahu, ada banyak hal yang dapat Anda uji pada situs Anda untuk membantu Anda meningkatkan penjualan. Dari tata letak, desain, sampai konten, ada banyak kombinasi perubahan yang dapat meningkatkan tingkat konversi pengunjung ke penjualan. Namun apa yang dapat dikatakan cukup ketika Anda baru memulai? Elemen apa yang harus difokuskan dalam pengujian sebelum menjalankan kampanye dagang Anda?

Fokus pada yang dasar. Fokuslah pada pengujian:

  • Konten penjualan, khususnya headline, benefit, garansi, dan call-to-action.
  • Proses pemesanan, yang harus cukup sederhana bagi pengguna web yang awam untuk melakukan pemesanan.
  • Penawaran opsional, sehingga Anda dapat mengetahui apakah Anda sukses mendapatkan informasi kontak pengunjung.
  • Navigasi situs, sehingga Anda dapat mengetahui berapa banyak klik yang diperlukan untuk membeli. Idealnya hal ini kurang dari tiga.

Hal tersebut adalah 4 aspek penting dari proses penjualan Anda yang perlu diuji sebelum Anda mulai menarik kunjungan. Nantinya, ketika Anda telah menghasilkan penjualan dan mempunyai jumlah kunjungan yang stabil, Anda dapat pindah untuk menguji bagian lain dari situs Anda.

Tentu saja, seluruh pembicaraan tentang pengujian situs Anda ini memunculkan satu pertanyaan besar: Bagaimana Anda menguji tanpa kunjungan? Karena Anda baru saja memulai, sangat mungkin bahwa website Anda belum mendapatkan banyak kunjungan.

Solusinya sederhana: Beli traffic dari PPC (Pay-per-click) mesin pencari. Pay-per-click mesin pencari mirip seperti lelang — mereka memungkinkan Anda untuk menawar posisi teratas berdasarkan keyword (kata kunci) pilihan Anda. Untuk setiap pengunjung yang mencari kata kunci yang Anda tawar dan meng-kliknya menuju website Anda, Anda bayar sesuai yang Anda tawar. Harga secara khusus bervariasi dari lima ratus rupiah hingga beberapa puluh ribu per-klik untuk kata kunci populer.

Ada banyak PPC mesin pencari di luar sana, namun salah satu yang terbaik untuk awal mencoba adalah: Google Addwords.

Dengan PPC mesin pencari, Anda mendapatkan kunjungan dengan segera, murah, dan terkualifikasi — memberikan Anda tawaran pada kata kunci yang diinginkan. Tidak hanya itu, penawaran untuk traffic melalui PPC mesin pencari juga dapat membantu situs Anda mendapatkan peringkat di mesin pencari secara gratis.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai penawaran untuk traffic tanpa menghabiskan banyak dana:

Dalam PPC mesin pencari, tawarlah untuk muncul pada tiga teratas dalam daftar kapan pun dimungkinkan.

Penawaran pada kata kunci deskriptif dan yang ditargetkan. Jadi jangan hanya menawar pada “baju”; tapi menawar pada “jual baju pria”. Kata kunci atau frasa pilihan umumnya tidak hanya lebih murah dalam penawaran harga — mereka juga menarik pembeli potensial yang lebih terkualifikasi. Gunakan fasilitas pemilihan kata kunci seperti Google AdWords Keyword Planer untuk meneliti kata kunci pilihan yang menarik kunjungan maksimum untuk biaya per klik minimal.

Setelah Anda menguji dan mengatur situs Anda untuk pembelian traffic dengan jumlah terbatas, sekarang waktunya untuk mulai menghasilkan traffic terkualifikasi untuk situs Anda dalam skala besar. Tapi, bagaimana Anda berpindah dari sedikit ke traffic dalam jumlah besar?

Step 2: Dapatkan traffic murah secara cepat dengan pengiklanan PPC.

Setelah Anda menguji situs Anda dengan traffic PPC yang terbatas, langkah tercepat untuk membangun kunjungan ke situs Anda adalah dengan mengikuti sebuah kampanye PPC pada skala yang lebih besar. Sudah jelas, Anda perlu memulai dengan Google Adwords, seperti yang dijelaskan di atas. Namun berikut beberapa mesin PPC lainnya yang dapat dipertimbangkan seiring Anda meningkatkan investasi Anda:

Dengan Google Adwords, Anda mendapatkan kunjungan dengan segera tanpa menunggu. Karena seketika Anda menempatkan uang Anda pada kata kunci Anda, iklan Anda berjalan dan mulai bekerja untuk Anda.

Step 3: Dapatkan traffic gratis dari mesin pencari seperti Google.

Anda telah menawar kata kunci untuk kemunculan yang rutin pada PPC mesin pencari, sekarang waktunya menguasai direktori dan mesin pencari organik. Mesin pencari seperti Google dan direktori seperti Yahoo masih dapat menjadi sumber yang bagus untuk traffic gratis untuk website Anda. Caranya adalah dengan mendapatkan peringkat kompetitif untuk kata kunci terbaik Anda.

Langkah pertama untuk mendapatkan peringkat top dalam mesin pencari adalah untuk mengirimkan atau menawarkan situs Anda kepada mereka. Dengan kata lain, Anda harus menyediakan mereka detail tentang situs Anda. Anda perlu memastikan bahwa “spiders” — program terotomasi yang merambah web mengindeks situs untuk mesin pencari — menemukan situs Anda dan mencakupnya dalam hasil pencarian.

Walapun spiders mengindeks situs dan halaman yang belum dikirimkan, Anda tentunya tidak ingin peluang kehilangan hal tersebut. Spider bisa saja menemukan website Anda dan mengindeksnya minggu depan — atau bisa juga dua tahun sebelum hal tersebut terjadi. Jadi gunakanlah waktu untuk mengirimkan situs Anda untuk memastikan Anda tercakup. Ketika situs Anda telah dikirimkan, berharap hal ini akan butuh dua sampai enam minggu sampai daftar Anda muncul.

Setiap mesin mempunyai proses yang cukup berbeda untuk submisi situs, dan harus mengikuti panduan mereka. Sebagai contoh, ada biaya untuk mendaftarkan situs Anda pada direktori Yahoo, namun Google tidak meminta bayaran untuk proses submisi mereka. Ini tips nya: Jika Anda mengirimkan situs Anda sesuai permintaan mereka, Anda mempunyai peluang lebih baik dalam mendapatkan pendataan yang bagus pada halaman pertama hasil pencarian.

Untuk mengirimkan atau menawarkan situs Anda ke mesin pencarian utama, ikuti instruksi sederhana yang mereka sediakan di halaman berikut:

Dan jangan terganggu dengan perusahaan yang memberi tawaran untuk mengirimkan situs Anda ke mesin pencari. Karena setiap mesin pencari menggunakan sejumlah kriteria berbeda untuk mengurutkan situs Anda, layanan submisi gratis malah dapat memberikan suatu yang berbahaya untuk Anda bukan yang baik, karena mereka mengirimkan informasi yang sama dengan cara yang sama untuk setiap mesin pencari.

Step 4: Berikan konten gratis yang sangat menarik untuk publisitas yang tak ternilai.

Percaya atau tidak, cara yang sangat mudah, strategi yang seringnya diremehkan dalam mendapatkan traffic adalah dengan memberikan konten gratis ke website lainnya. Walau hanya dua atau tiga artikel yang ditulis dengan baik dapat menghasilkan traffic yang sangat besar, selama itu tidak mengandung penawaran penjualan. Anda perlu mencakup informasi yang langka dan sulit didapat yang akan memberi nilai pada artikel Anda secara otomatis — tipe informasi yang membuat Anda menjadi pakar di bidang Anda.

Ketika Anda telah menyelesaikan sebuah artikel, tulis sebuah paragraf singkat biodata Anda dan bisnis Anda dan tempatkan pada bagian akhir artikel Anda beserta dengan — dan ini bagian yang penting — tautan ke situs Anda.

Untuk mendapatkan situs yang mungkin tertarik pada konten Anda, kirimkan e-mail ke pemilik website lainnya dalam industri Anda — pastikan untuk memilih situs yang mendapatkan perhatian dan kunjungan dari target pasar Anda — dan tawarkan mereka untuk menggunakan artikel Anda pada situs mereka atau dalam artikel berkala mereka secara gratis. Banyak pemilik situs butuh konten baru, sehingga mereka akan lebih dari senang untuk menampilkan artikel Anda — dan tidak akan lama sebelum artikel tersebut mulai menarik traffic menuju situs Anda.

Pilihan lain adalah dengan memberikan artikel Anda melalui website konten gratis seperti:

Artikel Anda akan secara otomatis disediakan untuk ribuan website yang mencari konten gratis berkualitas — dan yang harus Anda lakukan adalah hanya mengirimkan artikel Anda sekali.

Jangan meremehkan kekuatan dari memberikan konten secara gratis. Dan saat artikel Anda semakin terekspos, jangan kaget jika Anda dihubungi oleh majalah berprofil tinggi dan portal situs terkait industri Anda yang mencari artikel gratis untuk dicantumkan pada situs mereka.

Step 5: Dapatkan publisitas dari mulut ke mulut menggunakan pemasaran viral.

Secara sederhana, pemasaran viral adalah langkah Anda untuk menyebarkan pesan pemasaran Anda seperti virus. Anda dapat mendorong orang untuk menyebarkan informasi tentang situs Anda kepada lainnya, dan Anda menggunakan publisitas dari mulut ke mulut tersebut untuk mengiklankan bisnis Anda. Ketika Anda mulai “virus”-nya, hal ini akan menyebar tanpa Anda menggerakkan jari Anda.

Butuh contoh? coba hotmail.com, penyedian layanan e-mail gratis berbasis web. Pada bagian bawah pada setiap e-mail Hotmail yang dikirimkan oleh penggunanya, terdapat satu baris pesan sederhana:

“Dapatkan email privat gratis milik Anda dari MSN melalui http://www.hotmail.com”

Berapa banyak waktu yang Anda pikirkan bagi Hotmail untuk menyertakan baris tanda tersebut sebagai bagian dari layanan e-mail mereka? Tidak ada sama sekali — namun lihat dampak dari strategi sederhana ini dalam perkembangan bisnis mereka. Setidaknya 35% pengguna email memiliki akun Hotmail.

Anda dapat dengan mudah meniru strategi ini dengan melakukan sesuatu sesederhana menyertakan tautan yang dapat disebarkan pada bagian akhir artikel berkala Anda, sesuatu seperti:

“Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke teman Anda!”

Dengan meminta pembaca untuk melakukan aksi dan meneruskan artikel berkala Anda, Anda akan mendorong penyebaran dari mulut ke mulut untuk bisnis Anda tanpa biaya tambahan.

Bagaimana cara lainnya pemasaran viral dapat bekerja untuk Anda? Berikut beberapa ide sederhana:

  • Berikan artikel gratis yang menyertakan tautan yang dapat disebar.
  • Berikan secara gratis demo produk Anda.
  • Tawarkan percobaan gratis layanan Anda dengan sebuah tombol “bagikan layanan menarik ini” pada halaman situs.
  • Selenggarakan sebuah kontes pada situs Anda, dan berikan peserta sebuah catatan tambahan untuk setiap teman yang mereka ajak.
  • Jalankan program afiliasi.

Seperti yang Anda lihat, Anda tidak perlu menjadi Hotmail selanjutnya untuk mulai dengan pemasaran viral. Hanya dengan mendorong orang untuk “membagikan layanan ini kepada teman”, Anda dapat menarik sejumlah traffic dari mulut ke mulut yang menarik.

Step 6: Dapatkan tautan gratis pada website lain ber-traffic tinggi.

Permintaan tautan membutuhkan usaha yang minim dari Anda, namun hal ini secara pasti dapat memperbesar jumlah traffic Anda dengan seketika. Bagaimana? Jika situs Anda menjadi tautan utama pada situs utama dalam industri Anda — situs yang mendapatkan banyak perhatian — situs Anda secara cepat memperoleh keuntungan dari seluruh kemunculan yang situs tersebut dapatkan.

Memulai dengan strategi ini sederhana, namun Anda perlu mengikuti proses standard setiap Anda meminta sebuah tautan. Kita bagi dalam beberapa langkah:

  1. Lakukan sebuah pencarian Google untuk kata kunci standard Anda — keyword yang orang umumnya gunakan untuk menemukan situs Anda.
  2. Buat catatan lengkap tentang situs yang meuncul secara rutin dalam 10 daftar teratas untuk kata kunci utama Anda.
  3. Gunakan Alexa Toolbar, Link Popularity, Technorati untuk menemukan situs lain apa yang bertautan dengan situs ini, tautan mana yang menuju situs ini, dan berapa banyak traffic yang diterima, dan temukan informasi kontak mereka.
  4. Sebelum mengontak, pastikan Anda mengetahui URL yang tepat untuk situs tersebut, URL dari sub-halaman yang Anda inginkan untuk memunculkan tautan Anda, nama pemilik atau webmaster situs, tanggal terakhir Anda mengunjungi situs tersebut, dan deskripsi singkat tentang konten situs.

Ketika Anda siap untuk mengontak pemilik website dan meminta sebuah tautan, tulislah sebuah email personal — jangan gunakan surat berbentuk formulir. Pastikan Anda menyertakan sejumlah komentar positif tentang situs mereka, informasi tentang Anda dan situs Anda (beserta dengan URL Anda), penjelasan tentang bagaimana tautan dengan Anda dapat menguntungkan mereka, dan instruksi untuk mengontak Anda untuk memulai.

Permintaan Anda perlu secara teliti dan profesional. Jika Anda dapat memberikan argumen yang persuasif tentang kenapa permintaan tautan dapat menguntungkan kedua pihak, Anda mempunyai peluang besar membangun sebuah hubungan. Dan jika Anda sangat ingin untuk menempatkan tautan Anda pada situs tersebut, bersiap untuk berkontribusi dengan menawarkan mereka sebuah komisi atau tautan pada situs Anda sebagai gantinya. Investasi ini dapat bernilai untuk penyampaian ekstra yang diperoleh terhadap pesan pemasaran Anda.

Ketika bisnis lain meminta tautan pada situs Anda, Anda perlu agak pelit. Tautan kepada situs lainnya berarti sebagai rekomendasi personal dari situs Anda, tautan pada situs Anda adalah rekomendasi untuk bisnis mereka. Rekomendasikan hanya yang terbaik!

Baik, sekarang mari bicara tentang strategi pengembangan link terbaik.

Step 7: Dapatkan ribuan website untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis.

Bayangkan ratusan, atau bahkan ribuan website mempromosikan produk atau layanan Anda tanpa mengeluarkan biaya hingga seseorang mereferensikan pelanggan yang akan membayar. Anda dapat melakukan ini dengan apa yang disebut program afiliasi.

Program afiliasi — juga dikenal program “reseller” atau “asosiasi” — adalah cara yang bagus untuk mengajak orang lain mempromosikan produk atau layanan Anda. Untuk setiap pelanggan yang membayar yang direferensikan afiliasi ke situs Anda, Anda membayar mereka komisi. Dan karena Anda hanya membayar ketika Anda menghasilkan uang, hal ini adalah pilihan yang sangat tidak beresiko.

Berikut cara kerjanya: Afiliasi Anda mengirimkan pengunjung ke situs Anda menggunakan iklan banner, link teks, surat pengarahan dan sebagainya, sementara Anda memantau pengarahan ini menggunakan software khusus. Hal ini adalah langkah paling kuat untuk mengembangkan bisnis Anda karena hal ini mengotomasi pengembangan traffic Anda. Untuk memulai program afiliasi Anda sendiri, Anda perlu:

  1. Menetapkan komisi Anda. Untuk menjaga afiliasi termotivasi, Anda perlu membayar mereka 40%-50% dari keuntungan setiap penjualan Anda.
  2. Dapatkan software untuk memantau traffic dan penjualan afiliasi Anda sehingga Anda mengetahui apa yang perlu dibayarkan pada mereka.
  3. Menyediakan afiliasi Anda kelengkapan yang dapat mereka gunakan untuk mempromosikan produk Anda, seperti email, banner, dan sebagainya.
  4. Ajak lebih banyak afiliasi. Cari situs yang mengincar pasar Anda, dan ajak mereka untuk menjadi afiliasi.

Program afiliasi adalah langkah yang ideal untuk mengotomasi pengembangan traffic Anda karena orang lainlah yang memasarkan situs Anda untuk Anda. Penjualan Anda meningkat setiap hari — namun afiliasi Anda yang melakukan seluruh penjualan untuk Anda, dan hal ini tidak dibutuhkan biaya sampai mereka mengirimkan Anda pelanggan yang membayar.

Sekarang, untuk langkah terakhir, kita membicarakan tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga agar traffic Anda kembali ke situs Anda secara terus menerus.

Step 8: Gunakan pemasaran email untuk menarik pengunjung kembali.

Mendapatkan banyak kunjungan ke situs Anda adalah hal bagus, namun jika Anda tidak mengumpulkan informasi kontak — nama dan alamat email — pengunjung, Anda membuang setiap klik. Jika pengunjung meninggalkan situs Anda tanpa membeli produk Anda, ada peluang besar mereka tidak akan kembali — dan Anda tidak memiliki cara untuk menindak lanjuti mereka.

Ingat: Untuk menghasilkan satu penjualan dapat membutuhkan tujuh kontak, jadi Anda perlu mulai mengumpulkan informasi kontak pengunjung dari hari pertama menggunakan formulir opsional pada halaman utama Anda. Lalu kirim mereka pesan email untuk menindak lanjuti dan buat mereka tetap berpikir tentang situs Anda. Perlu sejumlah ide untuk email yang dapat Anda kirim untuk menindaklanjuti pelanggan Anda? Berikut beberapa idenya:

  • Artikel rutin bulanan atau dua mingguan yang mencakup berbagai tips dan informasi
  • Laporan gratis pada topik yang disukai pasar Anda
  • Jawab pertanyaan umum yang orang tanyakan tentang produk Anda
  • Tawarkan produk yang sejenis atau komplementer dari produk yang pernah Anda tawarkan kepada mereka
  • Percobaan produk gratis yang memberikan pelanggan potensial rasa terhadap apa yang Anda tawarkan
  • Menurunkan jenis produk yang ditawarkan menjadi yang lebih murah atau kurang kualitasnya dibandingkan penawaran yang Anda tawarkan

Menindaklanjuti alamat yang Anda kumpulkan menjadi cepat, mudah, dan sederhana dengan software pengelolaan dan otomasi email. Anda dapat membuat pesan email disebut “autoresponders” yang diterima pelanggan secara otomatis ketika mereka mengisi informasi ke situs Anda kapan pun dan dimana pun Anda sedang berada.

Pemikiran Akhir

Secara jelas, kita telah mencakup banyak bidang dalam artikel ini, sehingga sebelum Anda masuk ke dalam setiap strategi ini, Anda perlu membaca dan riset lebih banyak tentang setiap topik agar lebih memahami cara-cara ini dengan lebih dalam. Apa yang ada di dalam artikel ini secara sederhana adalah roadmap tentang apa yang pertama perlu Anda lakukan, kedua dan ketiga untuk menguji website Anda untuk meningkatkan konversi dan menjalankan kampanya traffic yang efektif yang menarik banyak pembeli potensial — secara otomatis — untuk beberapa tahun kedepan. Namun membaca lebih jauh setiap topik membantu memberikan gambaran kepada Anda apa yang perlu Anda lakukan pada situs Anda untuk menjadikannya sukses.

Ciri-ciri umum dari orang yang sukses dalam bisnis Internet: mereka semua fokus mengimplementasikan satu atau dua strategi pemasaran dengan sangat baik. Jadi jangan merasa Anda perlu menjadi ahli dalam setiap strategi dalam artikel ini. Fokuslah untuk menjadi ahli pada satu atau dua — karena hal ini mungkin cukup yang Anda butuhkan untuk meningkatkan traffic Anda secara drastis.

Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke rekan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *